Posted by : Amed Kamis, 21 Februari 2013

Yon koma
Komik 4 panel, contoh komik yg mnggunakan sistem ini: Lucky star, K-on, komik jadul sperti Kobo-chan dan Kariage-kun juga memakai sistem ini.
 

Chibi
Versi Kecil dari suatu Chara, biasanya kepalanya lebih besar dari ukuran normal. Biasa digunakan untuk manga atau anime dalam rangka bercanda.
  
Cosplay
“Costume Play”
meniru tokoh/karak
ter tertentu dari anime/manga, mulai dari kostum, perlengkapan, tata rias, bahkan kadang sampai adegan pertarungan..

SD (Super Deformed)
 Hampir mirip dengan Chibi namun yg satu ini ukuran tubuhnya sebanding dengan ukuran aslinya walau pun lebih kecil..


Doujinshi
Karya yang dibuat oleh fans yang terisnpirasi oleh suatu anime/manga

Crossover
Persilangan dua seri (Anime/Manga) atau lebih, banyak dijumpai dalam doujinshi, tapi ada pula yang sengaja dibuat oleh mangaka untuk memperingati hari tertentu.

Fanservice
Materi2 atau gambar yang muncul dalam manga atau anime, yang sebenarnya tidak berhubungan dengan jalan cerita, tapi ditampilkan untuk “memuaskan”  pembaca.

Mangaka
Pengarang manga.

Otaku
Sebetulnya pengertian awalnya adalah orang yang betul-betul menekuni hobi (terobsesi dengan hobinya), tapi istilah “Otaku” saat ini identik dengan Anime Otaku.
Ciri-ciri yang mencolok dari seorang otaku diantaranya adalah mengoleksi figure dari tokoh-tokoh anime/manga favoritnya, mengikuti cosplay, dan memiliki koleksi merchandise anime/manga yang relatif banyak.

OVA
“Original Video Animation”
Anime yang langsung diedarkan dalam bentuk format video tanpa disiarkan di TV atau bioskop.
OAD
“Original Animation DVD”
Hampir sama seperti OVA, OAD adalah istilah untuk anime yang dipublikasikan ke dalam kepingan DVD. Istilah OAD muncul setelah anime mulai jarang dipublikasikan ke dalam format VHS video dan mulai berkembang ke Laser disc, CD dan kemudian DVD.
Namun dalam perkembangannya hingga saat ini, istilah OVA tetap lebih populer digunakan.
ONA
“Original Net Animation”
Anime yang tidak dipublikasikan lewat televisi, namun disebarkan pada media Internet melalui situs streaming. Cth: Penguin Musume, Bounen no Xam’d, The Melancholy of Suzumiya Haruhi-chan.
RAW
Raw bukan singkatan.. istilah ini digunakan untuk manga atau anime yang masih Raw(mentah), jadi masih pakai bahasa jepang, atau belum ada subtitle-nya.


Seiyuu
“Voice actor/actress”
Pengisi suara karakter dalam anime, mungkin bisa diibaratkan 2,5 D Girl
Bishojo 
Karakter cewek yang cantik di luar kewajaran


Bishounen
Karakter cowok yang cakep di luar kewajaran

Fanart
Gambar yang dibuat oleh Fans(tidak official/resmi) yang terinspirasi tokoh anime/manga tertentu.


Fanfic
Cerita yang dibuat oleh Fans (tidak official/resmi), bisa berhubungan/sejalan dengan alur waktu cerita asli, bisa pula berbeda jauh dengan cerita asli, cerita di dunia paralel, menambah tokoh, dsb..
Canon -> untuk cerita yg mengikuti alur buku (semacam Filler)
Fanon -> untuk cerita yg tidak mengikuti alur buku (Alternate Story)

Figurin
“Action Figure”
Patung/cetakan yang menyerupai satu karakter anime dengan pose tertentu yang dibuat menggunakan plastik atau bahan lain.

Fujoshi
“rotten girl / fallen woman”
Sebutan untuk cewek” penggemar Yaoi, shounen ai, dan semacamnya..

Fudanshi 
Sebutan untuk cowok pnggemar yuri, shoujo ai, dan semacamnya..

Gunpla
“Gundam Plastic Model”

Guro
Ehm, biasanya guro bergabung dengan horror, tapi sebenarnya, guro adalah istilah untuk cerita yang banyak menampilkan, adegan2 DP seperti organ tubuh manusia tercerai berai, potong sana, potong sini.. yes it’s wicked, but someone out there like it..
Hikkikomori 
Seseorang yang memilih untuk mengisolasi diri dari kehidupan sosial (kehidupan luar) dan memilih untuk menghabiskan sebagian besar waktu mereka untuk diam di rumah; kalaupun ke luar rumah hanya seperlunya saja, misalnya membeli makanan atau mengambil koran.

MAD
Video remix kreatif yang dibuat oleh fans, biasa berupa parodi dari suatu anime, bisa dari ED/OP anime tersebut, ED/OP anime lain yang digabungkan, dari video musik lain, atau bahkan tanpa music dan hanya berupa cuplikan gambar/adegan dan efek2.
Kata MAD sendiri diambil dari judul kaset “Kichigai Tape” (Tape of Madness) yang dibuat anggota Osaka University of Arts and Music di tahun 1980-an (wow..!).
*MAD dipopulerkan oleh Nico Nico Douga* suatu komunitas sharing video (see advance term) yang membuat MAD menjadi bagian penting dari budaya internet Jepang.


Nijikon 
“Nijigen kompurekkusu / 2D-Complex”
Orang yang hanya tertarik atau terobsesi dengan wujud dua dimensional berupa karakter anime, manga, dan permainan video.


Omake 
corat coret gambar atau kata2 dari pngarang di akhir tankoubon, biasanya tidak brhubungan langsung dengan jalur crita, -personally, I love FMA Omake-

Otome Game
Video game yang ditujukan bagi perempuan, dimana tujuan dari game ini adalah membina hubungan percintaan antara karakter pemain (perempuan) dengan satu atau lebih karakter pria.

Drama CD
CD berisi dialog yang dilakukan seiyuu, berupa kumpulan percakapan para seiyuu dari internet radio CD, acting yang berdasarkan plot light novel lengkap dengan sound effect-nya, atau bisa juga sebagai tambahan (omake) obrolan ringan karakter tersebut.

Eyecatch 
Gambar+musik yang sering muncul di tengah2 anime, sebenarnya di aslinya muncul sebelum dan sesudah penayangan iklan TV.
Biasa berisi karakter anime, adegan, atau hanya logo anime dengan background.

Gyaku-gire
Orang yang seharusnya terkena marah karena kelalaiannya, tapi sebaliknya orang tersebut bukan meminta maaf malah balik marah.

NTR/Netorare
Semacam genre di game/manga dimana sang main girl yg disukai main protagonis diambil orang.

"Dere-dere"
bermakna menjadi timbul kasih kayang, timbul perasaan cinta, menunjukkan afeksi, and so on....

Tsundere
Tsundere adalah kata gabungan dari tsun-tsun dan dere-dere. Tsun-tsun sendiri bermakna seseorang yang berwatak agresif. Tsundere bermakna orang yang keras, berdarah panas, namun di saat yang tepat menjadi sangat "lovely".


  Dandere
Dandere gabungan dari kata danmari yang berarti diam dan dere-dere, jadi karakter tipe ini adalah karakter yang pendiam, tidak banyak tingkah, umumnya pemalu, namun pada saat "klik", dia bisa melakukan hal-hal yang tidak terduga kepada karakter yang disukainya.


Yandere
Yandere adalah gabungan dari kata yanderu yang berarti... ehm, gangguan mental atau gangguan jiwa dan dere-dere. karakter yandere biasanya terlihat sangat baik, lembut, penuh kasih sayang di awal, sebelum pada akhirnya perasaannya itu menghancurkan semua, biasanya melalui kekerasan.


Kuudere
Kuudere berasal dari gabungan kata cool (dalam Bahasa Jepang dibaca kuuru) yang artinya... keren, cool, gagah dan dere-dere. Biasanya karakter kuudere adalah karakter di cerita RPG.


Yangire
Karakter yang sakit mental tanpa ada perasaan cinta, tanpa ada pemicu yang jelas bisa muncul tiba-tiba sifat psikopatnya, lalu bisa tiba-tiba hilang dan kembali menjadi orang baik lagi.

Yaps, segitu aja dulu.. ane  lanjutin entar, masih banyak lagi yg blm diterangin. :D

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Time

Chat disini :D

Visitors Note


Makhluk** Nyasar

Diberdayakan oleh Blogger.

Copyright © Otaku no Zone -Black Rock Shooter- Powered by Otaku no Zone - Designed by Muhammad Taufik Rahman